Beranda | Artikel
Hukum Ucapan Selamat Tahun Baru Hijriah
Selasa, 19 September 2023

السؤال: وأولى رسائل هذه الحلقة وردت من شخص رمز لاسمه بـ (ع. أ. ع)، يقول في رسالته: نحن في مطلع العام الهجري الجديد، ويتبادل بعض الناس التهنئة بالعام الهجري الجديد قائلين: كل عام وأنتم بخير، فما حكم الشرع في هذه التهنئة بارك الله فيكم؟

Pertanyaan:

Pesan pertama dalam episode ini datang dari seseorang dengan nama inisial AAA, yang mengatakan dalam pesannya, “Kita berada di awal tahun Hijriah. Sebagian orang saling bertukar ucapan selamat tahun baru Hijriah dengan mengatakan, “Semoga sepanjang tahun Anda dalam kebaikan,” bagaimana hukum ucapan seperti ini menurut syariat? Semoga Allah Memberkahi Anda.

الجواب: بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على عبده ورسوله، وخيرته من خلقه وأمينه على وحيه، نبينا وإمامنا وسيدنا محمد بن عبد الله، وعلى آله وأصحابه ومن سلك سبيله واهتدى بهداه إلى يوم الدين. أما بعد: فالتهنئة بالعام الجديد لا أعلم لها أصلاً عن السلف الصالح، ولا أعلم شيئاً من السنة أو من الكتاب العزيز يدل على شرعيتها، لكن من بدأك بذلك فلا بأس أن تقول: وأنت كذلك، إذا قال لك: كل عام وأنت بخير، أو قال: كل عام وأن تكون بخير، فلا مانع أن تقول له: وأنت كذلك، نسأل الله لنا ولك كل خير أو ما أشبه ذلك.

أما البداءة فلا أعلم لها أصلاً. نعم.

Jawaban:

Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Semoga selawat dan salam terlimpah atas hamba dan Rasul-Nya, makhluk pilihan-Nya dan pengemban wahyu-Nya, Nabi, imam, dan pemimpin kita, Muhammad bin Abdullah, beserta keluarga dan para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti jalannya dan mengikuti petunjuknya sampai hari Kiamat. 

Adapun berikutnya, terkait ucapan selamat tahun baru, saya tidak mengetahui ada dasarnya dari para Salafus Saleh, maupun dari sunah atau kitab suci yang menunjukkan bahwa hal itu disyariatkan. Namun, jika ada orang yang memulai duluan mengucapkannya kepada Anda, maka tidak mengapa jika Anda mengatakan, “Sama-sama.” 

Jika ada yang berkata kepada Anda, “Semoga sepanjang tahun Anda dalam kebaikan,” atau “Semoga sepanjang tahun Anda selalu baik-baik saja,” maka tidak terlarang  jika Anda mengatakan, “Semoga Anda juga demikian, kami memohon semua kebaikan untuk kami dan Anda,” atau ungkapan-ungkapan semisal itu. Adapun memulainya duluan, aku tidak mengetahui dalilnya.

Presenter:

Semoga Allah Memberkahi Anda dan Membalas Anda dengan kebaikan.

Sumber:

https://binbaz.org.sa/fatwas/7391/حكم-التهنىة-بالعام-الهجري-الجديد

PDF sumber artikel.

Audio sumber artikel.

🔍 Hukum Wanita Bekerja Menurut Islam, Hukum Menggauli Istri Orang Lain, Hadits Memotong Kuku, Cara Mengqodho Sholat, Teks Ijab Kabul Bahasa Arab, Dihamili Jin

 

Flashdisk Video Cara Shalat dan Bacaan Shalat

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO CARA SHOLAT, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28


Artikel asli: https://konsultasisyariah.com/42817-hukum-ucapan-selamat-tahun-baru-hijriah.html